Sunday 10 June 2012

Kota Balikpapan, Si Kaya yang Bahagia


Balikpapan, adalah salah satu kota besar di Kalimantan Timur. Seluruh wilayahnya adalah Kotamadya alias tanpa Kabupaten. Mirip Surabaya gitu deh. Dengan letak geografis, 11,0 LS - 1,5 LS dan 116,5 BT - 117,5 BT. Dengan luas 50.330 ha atau 503,3 km². 85% perbukitan dan sisanya adalah dataran tinggi plus pantai.
Kota ini merupakan gerbang masuk Kalimantan Timur,  bukannya Samarinda. Kenapa Balikpapan? Karena pintu masuk dan laut dan udara, pelabuhan dan bandaranya terdapat di Balikpapan. Itulah kenapa Balikpapan justru lebih ramai dibandingkan ibukota provinsinya sendiri, Samarinda. Kota ini memiliki julukan "Kota Minyak" karena disanalah sumber pasokan minyak bumi untuk Indonesia. Itu dia sekilas tentang Balikpapan.



Motto Balikpapan sendiri, Balikpapan kota beriman. Beriman artinya, Bersih, Indah, Aman dan Nyaman. Tapi motto tersebut bukan hanya sekedar nampang loo. Motto itu bener" terealisasi, nggak kayak kota-kota besar lainnya yang ngasal plus kerusuhan dimana-mana. Balikpapan justru bersih dan apik, dibuktikan dengan menyandang 15 kali sebagai kota Adipura. Juga 17 kali meraih Wahana Tata Nugraha (tahun 2012). Apa itu? Yaitu penghargaan untuk kota dengan lalu lintas paling tertib. Gile, Surabaya yang gede gini aja masih 5 kali adipura. Itu aja, warganya bingung dapet Adipura diliat dari mananya. (Termasuk saya juga penghuni Surabaya). Trus, Balikpapan noh kotanya nyaman, tenang. Banyak bule seliweran pula. hehe.
Oleh karena itu, Balikpapan satu-satunya wakil dari Indonesia yang meraih sertifikat Kota Dengan Lingkungan berkelanjutan kategori Clean Land atau Wilayah Bersih se Asia Tenggara, bersama 4 kota lainnya di Negara Asean. Hebaat kan?

Kenapa kok aku sebut si kaya? Sini kenalan dulu.
1. Si Kota Minyak


Kota ini nih gudangnya minyak Indonesia. Di prediksi bisa memenuhi kebutuhan minyak Indonesia hingga lebih dari 100 tahun kedepan, namanya aja Kota Minyak. Di jalan (lupa namanya) liat kilang minyak yang nggak ada ujungnya, sampe bosen. Di kiri jalan, liat tangki-tangki raksasa. Dulu kilang-kilang tersebut milik perusahaan minyak Shell dll. Sekarang telah dimiliki oleh Perusahaan Indonesia, PT. Pertamina (persero). Ada juga yang menyebut Balikpapan dengan Tanah Seribu Tangki loo.

2. Bandara Internasional Sepinggan


 
Memiliki bandara Internasional Sepinggan. Dulu nih ya, aku masih kecil aja nih Bandara keren banget, jadi tempat tujuanku wisata liat pesawat take off & landing kayaknya seru banget. makanya cita-cita sampe sekarang pengen jadi pilot. hehe.
tapi nyasar jadi engineer *curhats*

Perjalananku ke Jawa waktu umur 3 taun juga lewat bandara ini :)













3. Pelabuhan Semayang Balikpapan
 



































Pelabuhan yang gede di Semayang, Balikpapan. Disini aku juga sering main, liat-liat kapal gede-gede berlabuh, orang-orang turun. Keren. Kapal yang aku tumpangi sendiri namanya KM Tidar yang pernah berlabuh di pelabuhan ini.
 
4. Pantai Monumen dan Taman Kota Bekapai.
 
 Di tengah kota, ada pantai monumen dan taman kota Bekapai. Rameee banget, taman kotanya sih nggak kayak kota sekarang, disana bersih banget. Rugi nggak kesini. Kalo siang tampak seperti gambar paling atas, berlatar hotel Novotel Balikpapan.

5. Pantai Manggar, Balikpapan.


 
Tempatnya cantiiiikk banget, pohon nyiur, pasir putih, aduh keren deh pokoknya. Kotanya pun disana cantik, tertata rapi. Kalo disini, kota besar banyak mall nya yang jadi icon kota. Disana kota niaga, banyak mall bermunculan juga, tapi iconnya ya tetep minyak. Warga luar pulau pun heran, kota luar jawa namun banyak mall. Ini menyebabkan pola hidup masyarakat disana sangat tinggi, tapi sepadan dengan masyarakatnya yang rata-rata berekonomi menengah keatas.

6. Penangkaran Buaya
 
Disini, buaya dari berbagai jenis ditangkarkan agar tidak punah. Jaman sekarang rawan sekali terhadap perburuan binatang buas, akibatnya jadi langka dan akhirnya punah. Untuk itu pemkot Balikpapan berinovasi untuk membangun sebuah penangkaran untuk buaya. dan hewan lain juga, karena di Balikpapan terdapat berbagai macam spesies hewan langka yang tidak mudah ditemui di daerah lain. Disini kamu bisa foto bareng buaya juga lo. Megang langsung. Nggak ngeri? nggak tuh. Lucu kok. :)
pengen yaa???







7. Balikpapan Baru
 
Ini nih kotanya kota Balikpapan. Wus, mirip kayak rumah-rumahannya princess di disney. hahaha. bener lo nggak boong. nggak percaya? liat sendiri deh..

Namun, karena Balikpapan berada di daerah tropis, maka cuacanya hangat. Banyak hutannya yang menghijau, dan banyak kebun binatang alaminya. Jadi jangan heran kalo dijalan sering liat monyet-monyet berlompatan di pohon. hahaaha. Taman Safari gratis neh.















Masih banyak lagi cerita tentang Balikpapan, misalnya, rumah apung, pasar apung, perumahan pertamina, pasar Inpres, wana wisata KM 23.
 
slogan balikpapan :


itulah sekilas tentang tanah kelahiranku. Jujur aja, aku pengen banget Surabaya sekitarnya bisa serapi dan seindah itu. from Adorable city, Balikpapan :*



-- Dx

8 comments:

Hai Saya admin dari blog knooky.blogspot.com, saya berasal dari Kota Samarinda. Saya kagum, karena banyak orang yang mencintai Kalimantan Timur. Saya sering berwisata di Balikpapan, semua orang pasti mengisi liburannya dengan berwisata di Kota Balikpapan. Terimakasih anda telah berkomentar di blog saya dan memfollow blog saya :)

apa kabar Samarinda?
kotanya juga bagus kok, nggak kalah juga..
hehe, cuma kangen aja, wisata disana banyak. sayang di Surabaya sini kekurangan wisata alamnya :')

Wah.. kalau akunya orang balikpapan asli.. aku cinta kotaku, makanya aku enggan pindah ke kota lain.. semua yg diceritakan/digambarkan diatas, telah terpatri jau lebih dalam di ingatanku.. pantainya, jalannya, pembangunannya, semua.. selalu berkembang.. namun yg paling aku suka adalah pantainya..ada kemala beach, pantai monpera, pantai stran yg berbatu-batu tempatnya di blkg benua patra - depannya lap. merdeka), pantai manggar, dll semuanya asyik untuk dikunjungi..

Sekarang aku selalu memasukan agenda ke pantai bersama suami dan anakku.. setiap liburan.. untuk refresing yg murah sekaligus tadabur alam akan ciptaan Allah Swt. juga menanamkan pada anaku untuk mencintai alam.. I Love Balikpapan..

saya baru pindah ke balikpapan, masih adaptasi terutama cuaca yang mengejutkan :D
senang bisa menjelajah tempat baru, semoga bisa dapat lebih banyak lagi keluarga baru di sini :)

Balikpapan kota yg penuh dengan harapan dan impian, tak ada penyesalan bagi mereka yg prnah datang dan mereguk manfaat dari kota ini. Just share : info pembelian Toyota di balikpapan dan sekitarnya, BENNY TOYOTA 0813 4660 2001 / pin : 2AE447C1

kota yg istimewa... juga mengenai olahraganya, terutama BILIAR...
TOP deh !!!!

Balikpapan Kota ku....smua pejabatnya terbebani dengan " HARUS MEMPERTAHANKAN HAL2 YANG BAIK "
kota paling di cintai di dunia versi WWF 2014....ADIPURA SLALUU JUARA...dan KINI BANDARANYA terbaik se asia tenggara 2014....Balikpapan HEBAT !!!

kota yang istimwa, dan penuh dengan Sumber daya alamnya

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More