Saturday 17 November 2012

Cara Membaca Resistor


Kesempatan kali ini aku posting yang ringan-ringan aja yaa.. berhubung tugas kuliah menggunung jadi gak sempet posting. hehehe. Judulnya cara baca ring pada resistor berhubung banyak temen-temen yang masih pada bingung cara bacanya.. aku bantuin sebisaku deh yaa.. cekidot


Resistor (R) sendiri adalah tahanan ato hambatan (dalam bahasa elektronika). Fungsinya apa? Ya untuk menciptakan Arus (I) ~.~. Inget hukum Ohm? ( I = V/R)

simbol Resistor (R)

 kok ada 2? apa bedanya yang atas sama yang bawah? SAMA AJA. yang  atas versi Amerika, yang bawah versi Inggris.

Kok perlu dibaca? emang bentuknya gimana?

Resistor nggak ada nilai yang tertulis, jadi kalo mau pake ya harus bisa baca nilainya, Resistor juga sering banget kepake di rangkaian elektronika dan robotika. Jadi anak-anak cowok umumnya udah nggak asing sama komponen beginian.
Resistor pada umumnya memiliki 4 ring untuk menentukan nilai tahanan, tapi ada juga yang punya 6 ring khususnya tahanan type metal film dengan toleransi 1%, ring ke 6 menyatakan koefisien temperatur.
Tapi disini kita belajar yang 4 ring dulu aja yaa, yang 6 ring kapan-kapan deh kalo sempet. hehe

Cara Membaca Range

 nah, masing-masing warna udah ada nilainya, untuk ring ke 3 itu faktor X nya, gampangannya temen-temen bilang jumlah nol yang ditambahkan. sedangkan ring ke 4 adalah ring toleransi kesalahannya. paling bagus ya warna coklat karena cuma 1% toleransi. Artinya semakin akurat.

nah, udah ada tabelnya, tinggal diapalin tuh warna-warnanya.. cara ngapalinnya
 Hit - Co - Me - O - Ku - Hi - Bi - U - A - Pu warnanya berurutan mulai 0 - 9. Kalo ring ke 3 ya tinggal nambah 9 nol. + Warna toleransi = Emas, Perak dan Tanpa warna.

Jadi misal ada resistor 5 ring warna coklat - hitam - hitam - merah -coklat : 1 - 0 - 0 - 00 - 1% = 10k-1%

gampangkan???

lha lain kali aku posting tentang jenis-jenis resistor variabel atau macem-macem rangkaian resistor deh yaa.. sekarang nyampe sini dulu. daaaaaa :*

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More